Pindad dalam Berita

back

Gowes Asyik Tour Pangandaran Bersama Pindad

Liputan6.com, Tasikmalaya Sebanyak 600 peserta mengikuti kejuaraan gowes tour Tasikmalaya-Pangandaran bersama PT Pindad (Persero), Minggu pagi. Peserta gabungan dari TNI, Polri dan masyarakat umum itu, nampak asik mengikuti jalannya kegiatan memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke 74 itu.

Direktur Utama PT. Pindad (persero) Abraham Mose mengatakan, gawean gowes asik itu merupakan upaya memperkenalkan secara luas potensi pantai Pangandaran yang tengah ditata pemerintah.

“Sebagian peserta yang datang dari luar Jawa Barat belum pasti mengenalnya kondisi pantai pangandaran,” ujarnya, Minggu (25/8/2019) pagi.
Menurutnya, kegiatan itu sudah dilakukan kali ke tiga dalam tiga tahun terakhir, sebagai bentuk dukungan pemerintah untuk peningkatan wisata lokal khususnya Pangandaran, yang tengah digenjot pemerintah menjadi destinasi wisata dunia.

Dalam prakteknya, ratusan peserta gabungan dari PTNI, Polri, BUMN dan masyarakat umum itu mengambil start di Makodim 0612 Tasikmalaya dengan dua kali pemberangkatan.  “Pertama pukul 05.30 WIB dan group kedua 05.40 WIB,” ujarnya.

Mereka akan menyusuri rute utama jalan raya Tasikmalaya-Pangandaran yang melintasi empat kota kabupaten di Priangan Timur sepanjang 100 kilometer tersebut. ”Kami juga tetap menyediakan tim penyapu dari belakang,” ujarnya untuk mengawal peserta yang tertinggal di belakang.

Selain itu, selama di perjalanan, para peserta akan mendapatkan pengawalan keamanan plus kendaraan ambulans dari pihak kepolisian dan anggota TNI, yang bergerak dari belakang bersama tim penyapu. “Kita sudah siapkan semuanya,” ujar dia menambahkan.

Sementara Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad), Letjen TNI Tatang Sulaiman mengatakan, kegiatan Gowes kemerdekaan ini mengambil tema sinergi untuk NKRI.

Kebersamaan itu nampak dari akrabnya para peserta yang berasal dari perwakilan karyawan BUMN, TNI, Polri, pemerintah Kota Tasikmalaya, Kabupaten Tasikmalaya, Club dari Mabesad, Pindad Cycling Community, Puster,  Polda Jabar, Kodam Siliwangi, Kodiklat Pussenif, NDHI dan komunitas gowes lainnya.
“Jelas tujuan utama diadakannya kegiatan Gowes tersebut adalah untuk kesehatan,” kata dia.

Ada beberapa kota/kabupaten yang dilintasi mulai Tasikmalaya, Ciamis, Banjar hingga garis finis di kabupaten Pangandaran.
“Sebagian peserta Gowes juga ada yang tidak tahu Pangandaran, jadi disamping mempromosikan kebudayaan lokal mengenalkan juga pantai pangandaran kepada peserta,” kata dia. 

Top