Pindad dalam Berita

back

Kunjungan perdana PM India, Narendra Modi, diwarnai kerja sama pertahanan

Perdana Menteri India, Narendra Modi, sudah memulai lawatan pertamanya ke Indonesia selama tiga hari yang akan dilanjutkan ke Singapura dan Malaysia.

Pada Rabu (30/05), Modi dijadwalkan bertemu dengan Presiden Joko Widodo, masyarakat India di Indonesia, serta kalangan dunia usaha. Menurut rencana, dia juga akan mengunjungi Masjid Istiqlal di Jakarta.

Lawatan perdana Modi ke Indonesia juga ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MOU) di bidang kerja sama pertahanan, antara lain terkait dengan meriam air buatan Pindad dan Tata Motors.

"Yang menarik, dalam hubungan kita dengan India, kita bisa melakukan joint production. Misalnya, untuk industri strategis. Contohnya water canon antara PT Pindad dan Tata Motors yang akan dipamerkan saat PM Modi berkunjung," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, sehari sebelum lawatan yang dimulai Selasa (29/05).

Saat ini India memang dipandang sebagai salah satu negara yang maju dalam hal teknologi persenjataan seperti baja, teknologi informasi, dan nuklir.

"Jadi ada kerja sama-kerja sama yang sifatnya berkaitan dengan teknologi. Selain ada kemungkinan penjualan sebagian produk dari Indonesia, juga akan dicoba dipakai oleh India," jelas Riefqi Muna, peneliti kebijakan luar negeri dan keamanan dari LIPI.

Sumber; BBC

Top