Berita

back

Jaring Bibit Unggul, Pindad Adakan Technical Meeting Tahap Lanjutan Lomba Desain Produk Militer

PT Pindad (Persero) bersama dengan Telkom University mengadakan Technical Meeting Lomba "Military Creative Fest" 2020, yaitu lomba mendesain produk senjata dan kendaraan khusus di Ruang Serbaguna PT Pindad, Bandung (16/3). Lomba Military Creative Fest diadakan untuk menjaring bibit-bibit unggul dan kreatif dalam bidang desain produk militer. Windhu Paramarta, Vice President Inovasi PT Pindad (Persero) membuka kegiatan technical meeting dan menyampaikan rasa kagum atas antusias peserta serta berbagai desain kreatif yang muncul. "Banyak desain produk yang kreatif dan inovatif, bukan tidak mungkin untuk para peserta yang lolos kali ini akan memiliki potensi untuk dikontrak oleh PT Pindad untuk mendukung kita dalam menghasilkan inovasi dan pengembangan produk" ujar Windhu. Lomba Military Creative Fest merupakan salah satu rangkaian kerjasama internal antara PT Pindad (Persero) dengan Telkom University.

Kegiatan technical meeting merupakan lanjutan dari rangkaian lomba yang sebelumnya telah berjalan dan setelah melalui penilaian dewan juri. Peserta yang lolos merupakan mahasiswa Telkom University berjumlah 17 orang, untuk lomba desain senjata sebanyak 5 orang dan untuk lomba desain kendaraan khusus sebanyak 12 orang. Dewan juri untuk penilaian lomba berasal dari Dosen Telkom University, yaitu; Diena Yudiari, Hardy Adiluhung, Terbit Setya, Fajar Sadika, Zulkarnain, Yanuar Herlambang. Lalu untuk dewan juri dari Pindad oleh Windhu Paramarta (VP Inovasi PT Pindad (Persero)) dan Sena Maulana (Direktur Utama PT. PEI) serta Maman Abdurahman, Direktur Bandung Techno Park.

Kegiatan technical meeting dibuka dengan mengenalkan berbagai produk militer (senjata dan kendaraan khusus) milik PT Pindad (Persero). Peserta kemudian menyimak penjelasan mengenai peraturan lomba dan master geometri (dimensi, ketentuan standar umum, syarat syarat tipe - menyesuaikan dengan syarat dari satuan TNI) yang diterapkan untuk tahap lanjutan lomba desain produk militer. Tahap lanjutan lomba desain menjadi lebih sulit namun lebih menarik karena peserta lomba ditantang untuk menghasilkan produk kreatif sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan oleh TNI.

Tahapan selanjutnya, peserta akan mengerjakan desain produk militer sesuai dengan persyaratan dan peraturan yang dijelaskan di Technical Meeting. Hasil akhir desain dikumpulkan selambat-lambatnya pada tanggal 15 April 2020. Peserta kemudian akan dikumpulkan untuk mempresentasikan hasil desain produk militer masing-masing sebagai bagian penilaian tahap akhir lomba pada tanggal 16 April 2020. Terakhir, pengumuman pemenang dilakukan pada tanggal 18 April 2020. Harapannya, lomba desain produk militer dapat menjadi lebih besar dengan terbuka untuk umum.


Top